Being Healthy

Brain Fog, Saat Otak Tidak Bisa Berpikir dengan Jernih

Menjaga kesehatan otak sangat penting agar kegiatan sehari-hari dapat berjalan lancar. Bagian tubuh ini merupakan pusat dari setiap aktivitas yang dilakukan manusia, mulai dari untuk menggerakkan tubuh hingga kemampuan berpikir. Namun, sebagian dari kamu mungkin pernah merasakan momen ketika otak tidak bisa berpikir dengan jernih. Kamu mengalami kebingungan yang luar biasa, bahkan mengalami kesulitan fokus pada apa yang dilakukan. Nah, kondisi inilah yang disebut brain fog.

Otak seakan diselimuti kabut tebal yang memicu terjadinya penurunan kognitif. Inilah yang memicu kesulitan fokus sehingga kamu nggak bisa berpikir dengan jernih. Sebenarnya, apa saja sih yang memicu kondisi tersebut? Ini dia beberapa penyebab brain fog yang wajib kamu ketahui!

Kecemasan. Nggak semua rasa cemas menimbulkan kondisi brain fog. Namun, anxiety yang berlebihan biasanya mempengaruhi fungsi dasar kognitif seseorang. Hal ini bahkan mempengaruhi kemampuan mengingat sesuatu dan proses komunikasi yang kemudian memicu pada brain fog. Ditambah lagi, beberapa obat yang digunakan untuk mengatasi kecemasan berlebihan justru bisa memperparah kabut yang muncul di otak.

Brain Fog, Saat Otak Tidak Bisa Berpikir dengan Jernih  1

image copyright newriverwellnesscenter.com

Pola Diet. Siapa sangka pola diet yang kurang seimbang justru bisa menyebabkan gangguan fungsi mental? Yup, otak pun membutuhkan asupan makanan untuk menjaga kesehatannya. Perbanyak konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan bagian tubuh ini agar kamu bisa berpikir dengan jernih. Kurangi juga jenis junk food yang justru dapat menghambat kinerja otak karena tidak mengandung zat gizi yang diperlukan.

Brain Fog, Saat Otak Tidak Bisa Berpikir dengan Jernih 2

image copyright i.telegraph.co.uk

Olahraga Berlebihan. Melakukan latihan fisik secara rutin merupakan salah satu hal yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental. Namun, pastikan jangan melakukannya secara berlebihan deh. Pasalnya, hal tersebut nggak hanya membuat kelelahan pada fisik saja, tapi juga mental. Jika kamu merasa kesulitan fokus setelah melakukan olahraga, bisa jadi kamu mengalami kondisi tersebut.

Brain Fog, Saat Otak Tidak Bisa Berpikir dengan Jernih 3

image copyright dailymail.co.id

Menjaga kesehatan mental sangat penting untuk membuat kondisi tubuh yang stabil. Namun, jika kamu sering mengalami kondisi otak yang berkabut ini, segera cari tahu tips mengatasi brain fog untuk kesehatan tubuh yang optimal. Have a nice day, People!

sumber :

Brain Fog Causes: A List of Possibilities

http://www.livescience.com/45502-foggy-brain-causes.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s